Tips Menghindari Kehilangan Daya Lihat

Posted: 24 February 2011 in Uncategorized

Sementara tidak semua penyakit mata dapat dicegah, anda dapat tindakan untuk mengurangi risiko anda dari kehilangan daya lihat dan meningkatkan kesehatan mata anda. Berikut ini adalah tips untuk melindungi penglihatan anda.

Kehilangan daya lihat dapat dicegah bila mengambil langkah pencegahan dan mendapat perawatan mata rutin. Perawatan yang tepat dan perhatian penting untuk mencegah penyakit mata yang serius dan kemungkinan kebutaan. Hal sederhana seperti menggunakan kacamata pelindung matahari atau mendapatkan perawatan mata setahun sekali dapat melindungi kesehatan penglihatan dan mata anda.

1. Gunakan kacamata pelindung matahari
Menggunakan kacamata pelindung matahari yang menghalangi 100% sinar ultraviolet (UV) dapat menunda terjadinya katarak dengan melindungi mata dari sinar matahari langsung yang dapat merusak retina. Kacamata pelindung matahari juga melindungi kulit kelopak mata yang lembut dan mengurangi risiko kerutan dan kanker kulit disekitar mata.

2. Jangan merokok
Rokok tembakau secara langsung berhubungan dengan beragam efek kesehatan, termasuk penyakit Degenari Makula. Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih memiliki kemungkinan besar terkena Degenerasi Makula dibanding mereka yang tidak pernah sama sekali merokok. Perokok juga memiliki risiko tinggi terkena katarak.

3. Makan makanan sehat
Kekurangan vitamin atau mineral dapat merusak fungsi retina. Kepercayaan bahwa mengkonsumsi wortel dapat meningkatkan penglihatan memang benar, tapi berbagai jenis sayuran, terutama yang berdaun hijau, harus menjadi bagian penting dalam diet anda. Para peneliti menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan tingkat vitamins C dan E, zinc, lutein, zeaxanthin, omega-3 asam lemak DHA dan EPA tinggi mengurangi kemungkinan terkena Degenerasi makula lebih awal dan parah.

4. Lakukan pemeriksaan dasar untuk mata
Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko untuk penyakit mata harus melakukan screening dasar penyakit mata di usia 40 (usia dimana tanda awal penyakit dan perubahan dalam penglihatan mulai muncul). Berdasarkan hasil dari screening awal, seorang dokter mata akan menentukan selang waktu untuk pemeriksaan berikutnya. Jika anda memiliki gejala atau sejarah keluarga yang memiliki penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, anda harus menemui seorang dokter mata untuk menentukan seberapa sering mata anda harus diperiksa.

5. Gunakan pelindung mata
Diperkirakan 2,5 juta cidera mata terjadi karena olahraga, reparasi rumah dan pekerjaan rumah lainnya. Banyak cidera bisa dihindari secara sederhana dengan menggunakan pelindung mata yang sesuai. Pelindung mata untuk berolahraga adalah pelindung yang sesuai untuk berolahraga, bagi mereka yang melakukan pekerjaan atau aktivitas rumah harus menggunakan pelindung mata yang tepat.

metroaktual.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s